Blogger Layouts

Friday, May 6, 2011

“Tanah itu menumbuhkan tunas-tunas muda,” (Kej. 1:12)

MicrosoftInternetExplorer4

“Tanah itu menumbuhkan tunas-tunas muda,” (Kej. 1:12)

Akhir-akhir ini banyak sampah tergeletak di ruas-ruas jalan raya ibu kota Jakarta. Sampah itu dibiarkan tergeletak dan akhirnya membusuk di sudut-sudut keramaian kota. Haruskah kita menyalahkan diri kita sendiri akan semua itu? Haruskah kita menyesali perbuatan-perbuatan yang baru kita sadari sebagai ketidak pedulian kita terhadap lingkungan? Apapun jawabannya tidak akan dapat mengubah kondisi yang telah terjadi. Namun dalam masalah seperti ini, banyak pelajaran yang dapat kita petik untuk kedepannya. Kita juga dapat mengingat suatu kutipan dari kitab suci yang mengatakan bahwa, “Berfirmanlah Allah: "Hendaklah tanah menumbuhkan tunas-tunas muda, tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, supaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi." Dan jadilah demikian. Tanah itu menumbuhkan tunas-tunas muda, segala jenis tumbuh-tumbuhan yang berbiji dan segala jenis pohon-pohonan yang menghasilkan buah yang berbiji. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.” (Kej. 1 : 11-12)

Dalam kutipan kitab suci diatas, secara tidak langsung kita diajarkan untuk merawat bumi ini terbebas dari sampah dan kotoran lainnya yang mengganggu keindahan bumi. Melalu kutipan itu juga kita diajarkan untuk merawat keindahan tanah bumi kita ini dan membebaskannya dari sampah yang ada di atasnya. Semua itu dilakukan untuk membuat tanah yang ada di lingkungan sekitar kita ini bukan menjadi tempat untuk tergeletaknya sampah-sampah. Melainkan tempat untuk tumbuh makhluk hidup lain yang membutuhkan tanah tersebut. Contohnya seperti tumbuhan dan hewan-hewan kecil seperti cacing. Dalam masalah seperti ini, kita juga dapat memetik beberapa hal yang bisa menjadi pelajaran dikedepannya. Misalnya kita dapat memulai hari ini dengan membuang sampah pada tempatnya agar lingkungan kita kedepannya dapat terbebas dari sampah dan membuat lingkungan bersih dan terawat. Kita juga dapat melakukan hal-hal positif lainnya demi lingkungan kita agar lingkungan kita terbebas dari sampah dan menjadi bersih. Sesuatu pekerjaan akan lebih cepat terasa hasilnya apabila pekerjaan tersebut dilakukan dengan cepat juga. Kalimat ini dapat menjadi acuan untuk kita untuk memulai suatu usaha untuk perubahan lingkungan kita secepat mungkin agar usaha tersebut lebih cepat terasa manfaatnya.

Marilah berdoa :

Ya Tuhan, terima kasih atas penyertaanmu selama ini disamping kami sampai akhirnya kami masih dapat berada disini. Terima kasih pula kami panjatkan atas penyadaranmu ke kami sampai akhirnya kami dapat mengetahui apa yang benar dan apa yang salah mengenai lingkungan kami selama ini. Berkatilah kami ya Tuhan agar kami dapat mengatasi masalah-masalah yang telah ada mengenai lingkungan sekitar dan kami dapat menyelesaikan masalah sampah yang ada di ibu kota ini agar sampah tidak menjadi masalah yang berbahaya di tempat tinggal kami. Berkatilah ya Bapa atas semua jalan dan langkah yang kami ambil untuk mengatasi masalah sampah ini dan terangilah serta tuntun kami ke arah yang benar dalam menyelesaikan permasalahan ini. Amin.

No comments:

Post a Comment