Blogger Layouts

Friday, May 6, 2011

pandangan Gereja tentang posisi dasar manusia dalam bidang-bidang yang bersifat mendesak

Apa pandangan Gereja tentang posisi dasar manusia dalam bidang-bidang yang bersifat mendesak? ( Sosial dan Ekonomi )

Posisi dasar manusia dalam bidang-bidang yang bersifat mendesak di seluruh masyarakat harus dihormati dan dikembangkan. Sebab manusialah yang mejadi pencipta, pusat dan tujuan seluruh kehidupan sosial ekonomi.

Menurut gereja, manusia tidak seharusnya dikuasai oleh ekonomi. Ia harus mengutamakan sifat sosialnya ke sekelilingnya. Gereja juga berpendapat sudah banyak perubahan-perubahan yang terjadi dalam kehidupan sosial ekonomi, perubahan tersebut memerlukan perombakan-perombakan agar sesuai dengan zaman sekarang. Contohnya seperti kemiskinan. Terjadi perubahan yang drastis antara masyarakat miskin dengan kaya, yang biasanya disebut dengan kesenjangan sosial. Perubahan drastis ini memerlukan perombakan agar rakyat miskin tidak terlalu miskin dan rakyat kaya tidak terlalu kaya. Perubahan yang dapat dilakukan juga tuntutan kemajuan ekonomi. Hal ini dipengaruhi oleh pengaruh globalisasi.

Menurut pandangan gereja, Dalam kehidupan sosial, manusia berkewajiban untuk membantu sesama yang kesulitan. Contohnya di keluarga, ayah harus membimbing anak-anaknya agar bisa berada di jalan yang benar. Selain itu, ayah juga harus menjadi panutan yang benar untuk anak-anaknya. Setelah ayah, ada ibu, ibu juga berkewajiban untuk mengurus anak dan membimbing mereka ke jalan yang benar. Setelah ibu, ada kakak, kakak juga berkewajiban untuk membimbing adik-adik mereka. Dengan demikian dalam lingkup sosial keluarga, manusia memiliki posisi-posisi dasar untuk mencegah kesukaran-kesukaran, dan mencukupi kebutuhan-kebutuhan keluarga seta menyediakan keuntungan-keuntungan baginya sesuai dengan tuntutan zaman sekarang.

No comments:

Post a Comment