Blogger Layouts

Friday, May 6, 2011

Kata Pengantar

MicrosoftInternetExplorer4

Kata Pengantar

Tujuan dari pembuatan analisis cerpen ini adalah untuk mengasah kemampuan kita dalam menganalisa suatu masalah yang terjadi di suatu kondisi tertentu. Dengan kemampuan tersebut, kita menjadi bisa lebih menghargai pendapat atau hasil yang telah dicapai oleh orang lain dan diri sendiri. Selain itu, kita juga dapat lebih bertanggung jawab dengan pendapat dan pekerjaan kita.

Metode yang saya gunakan untuk membuat tugas ini cukup mudah. Untuk cerpennya, saya menggunakan penggaris dan pensil untuk mengukur panjang dan lebar kolom koran yang akan ditempel, sehingga hasilnya menjadi lebih rapih. Kemudian saya menggunting koran tersebut per kolom sesuai dengan ukuran yang sudah saya garisi tadi. Setelah dipotong, setiap kolom ditempel di kertas ukuran A4 dalam keadaan tegak lurus dan sudah digaris tepi. Batas garis tepi pada sisi atas dan bawah panjangnya 2 cm, sedangkan untuk bagian tepi kirinya 3 cm. kolom-kolom cerpen tersebut, saya ukur 5 cm dari kiri. Lalu saya garis. Setelah itu, saya ukur 0,5 cm dari garis tersebut. Kemudian saya ukur 5 cm kembali. Kegiatan tersebut saya lakukan bergantian dengan mengukur 0,5 cm sampai menghasilkan kolom selebar 5 cm sebanyak 3 kolom. Pengukuran seperti ini, akan menyisakan kolom beberapa cm di sebelah kanan. Untuk menganalisis cerpennya, saya membaca 2 kali ditempat yang tenang, lalu saya membuat ringkasannya terlebih dahulu di kertas kosong kemudian saya ketik.

Kesulitan yang saya alami pada saat membuat cerpen adalah ketika menentukan tema dari cerpen, karena saya harus menentukan kalimat yang tepat untuk menggambarkan apa sebenarnya isi cerpen tersebut. Bantuan yang saya terima dalam pembuatan cerpen ini adalah saudara saya dan teman-teman saya. Dimana mereka mengajarkan saya bagaimana cara menganalisis yang benar. Saya juga diajarkan menentukan tema yang efektif.

Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Tuhan yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk dapat menyelesaikan tugas ini. Saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada teman-teman dan saudara saya yang membantu dalam proses penyelesaian tugas ini. Tidak lupa saya mengucapkan terima kasih juga kepada pihak lain yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam pembuatan tugas cerpen ini.

Saya menyadari bahwa masih banyak kekurangan saya dalam pembuatan tugas cerpen ini. Hal ini disebabkan karena masih minimnya pengetahuan yang saya miliki, dan tugas analisis cerpen ini adalah tugas analisis cerpen yang pertama buat saya. Oleh karena itu, saya mohon maaf sebesar-besarnya apabila ada kesalahan atau kalimat yang menyinggung perasaan dalam penulisan ini. Terima kasih.

Jakarta, 2008

Penulis

No comments:

Post a Comment