Blogger Layouts

Friday, May 6, 2011

JAKA TARUB

MicrosoftInternetExplorer4

JAKA TARUB

Bapak Jaka Tarub (BJT) : Raymond

Jaka Tarub (JT) : Ryan

Pengawal bidadari (PB1) : Charlie

Bidadari Hijau (BH) : Yuan

Bidadari Merah (BM) : Citta

Bidadri Jingga (BJ) : Bibi

Pengawal bidadari (PB2) : Nicholas

Bidadri Nila (BN) : Melissa

Bidadari Ungu (BU) : Arlene

Anak Jaka Tarub (Delta) : Anne

*****di suatu pagi yang terang dan segar*****

BJT : “jaka tarub!!sini kamu !!”

JT : “ Iya bapak’e”

BJT : “Kamu! Usia kamu seharusnya sudah matang untuk menikah. Tapi sekarang, teman wanita saja kamu tidak punya, kamu mau jadi apa nantinya?Siapa yang akan meneruskan usaha bapak ? kamu sendirian? Bapak yakin kamu tidak bisa !”

JT : “…..Bapak tuh selalu meremehkan saya !! saya capek pa diremehkan seperti ini terus.. percayalah sekali-sekali dengan saya. Lihat saja, saya bisa mendapatkan perempuan yang cantik ntuk dinikahi !”

BJT : “Terserah kamu lah !! Bapak capek mendengar kamu berbicara seperti itu terus. Sudah satu tahun bapak hitung semenjak kamu berkata seperti itu.. tapi, nyatanya, mana perempuan yang kamu janjikan ? Sudah sana cari pekerjaan di luar rumah!! Bapak capek melihat kamu bermalas-malasan di rumah!”

JT : “akh..tau Akh..!”

******di lain sisi tepatnya di khayangan*****

BM : “Adik-adik, mandi yuk !! Badan lengket nih ..!”

BJ : “Ayuh Kakak !! Mandi !! haha.. Adik suka mandi kakak !! seger.. seger.. asiik!!”

PD1 : “Maaf putri, apabila boleh saya berkata, sepertinya keran di khayangan sedang mengalami kerusakan..”

BH : “rusak? Masa sih??rusak gimana?”

PD2 : “iya putri.. keran khayangan sedang mampet.. bagaimana kalau sebaiknya para nona mencari tempat lain untuk mandi selain di khayangan?”

BU : “Eh.. kakak-kakak..aku tadi melihat ada tempat mandi yang sangat luas di bawah sana..”

BN : “Iya ! disitu tuh..* sambil menunjuk-nunjuk ke bawah * sepertinya di bumi kakak!!

BM : “ bumi?? Tempat apa itu?”

BJ : “ wah saya juga gak tau kakak.. ayuh kita coba turun kesana.. gimana? Charlie, kau terus mengawal kami kan?”

PD1 : “iya putri.. kemana pun putri pergi, saya dan teja akan terus mengawal..”

BN : “baik kalau begitu, kita tidak usah takut untuk turun ke bumi.. tempat yang menurut kita masih asing itu..ayuh berangkat! Kita masih punya banyak waktu untuk mandi kan?”

PD2 : “maaf putri, menurut jadwal yang sudah saya catat, Kita tidak punya banyak waktu untuk mandi.. hal ini dikarenakan putri ada latihan menari untuk menyambut tamu khayangan.”

BM : “ya sudah. Sekarang semuanya pakai selendang masing-masing!”

*****sesampainya di bumi*******

PD1 : “putri.. kita sudah sampai di tempat tujuan kita.. bumi. Silakan mandi dan saya akan berjaga-jaga di sekitar tempat mandi putri.”

BM : “ baik. ayo adik-adik kita sudah sampai di bumi nih.. jangan lupa simpan pakaian kalian ya.. agar kita semua bisa kembali ke khayangan. Kalian ingat kan kita tidak bisa kembali tanpa pakaian ini?”

SMW : “ iya kakak!!”

******mulai mandi********

BJ : “Ah !! disini enak sekali.. airnya segar !! beda banget ama di khayangan!”

BH : “duh..aku belum pernah merasakan air sesegar ini deh..aaaa~.. ”

BN : “ kita sering-sering saja yah kesini .!!”

BM : “Iya-iya.. ternyata tidak disangka air disini segar sekali.. tapi dipikir-pikir, kasian sekali saudara kita si bidadari kuning dan bidadari biru, mereka tidak bisa merasakan air disini..”

BU : “iya ya.. tapi aku yakin mereka juga pasti senang sedang pergi diutus oleh ayah ke negeri tetangga..”

BJ : “iya.. kadang aku sirik sama mereka.. jadi anak kesayangan ayah..”

BH : “ayuh kakak-kakak !! jangan ngobrol terus.. kita kan tidak punya waktu banyak..”

PD2 : “Maaf putri, saya mengganggu acara mandi kalian, saya hanya ingin member tahu bahwa waktu untuk mandi tinggal 15 menit lagi..”

SMW : “gyaaaa!! Tinggal sebentar lagi.. gya!! Cepetan yuu.. cepetan.. *yuuuu* “

*****bidadari bersenang-senang, dilain pihak ada Jaka Tarub yang sedang kebingungan dan tidak sengaja mengintip*******

JT : “aduh, aku bingung mau kemana.. di rumah, di omelin terus.. di luar rumah, gak ada kerjaan gni.. huhuuuuuu.. kemana ya enaknya?huhuhu..”

Bidadari : “ *bertereak-tereak* Enak banget ya.. *bertereak-tereak* Segar!!”

JT : “eh? Suara apa itu? Kedengarannya dari sungai.. wah, suaranya semakin kencang.. membuat saya penasaran.. sebaiknya saya ke sungai sekarang.. “

****** sesampainya di sungai*****

JT : “wah! ternyata hari ini hari keberuntungan saya !! saya bisa melihat tujuh wanita mandi di sungai dan semuanya cantik-cantik! Betapa beruntungnya saya! “

*******semua bidadari masih asik mandi*******

JT : ”aha! aku punya ide.. aku akan ambil satu baju dari mereka.. sebaiknya aku ambil yang berwarna hijau saja.. wanita itu paling cantik dibandingkan yang lain.. hahah senangnya hatiku.. aku mau simpan selendang ini di rumah dulu ah lalu kembali ke sini untuk menyaksikan mereka mandi.. haha hal yang sangat menyenangkan tentunya!”

*****seusai mandi para bidadari******

BU : “Charlie.. teja..”

PD1+2 : “iya putri..”

BU : “ ayo siap-siap kita akan pergi kembali ke khayangan.”

BH : “kakak-kakak!! kakak-kakak!! Selandang adik hilang !! huhu..”

BJ : “coba kamu cari yang benar terlebih dahulu !!”

BH : “tidak ada ! tadi adik ingat meletakannya di dekat sini.. tapi sekarang hilang! Kakak.. adik musti bagaimana?”

BM : “CHARLIE! TEJA! Kemana saja kalian dari tadi?

PD1+2 : “Maaf putri.. kami dari tadi berjaga di sekitar tempat mandi kalian.. maaf putri kami tidak tahu mengenai kehilangan selendang putri.. maaf..”

BN : “tapi kenapa selendang BH bisa ilang? Kalau jaga yang benar donk!”

PD1 : “maaf putri.. saya akan segera mencari..”

PD2 : “saya akan ikut membantu mencari”

**********setelah mencari beberapa lama*****

PD1 : “ maaf putri, selendang putri tidak ketemu..maaf..”

BM : “kamu juga sih!*nunjuk ke BH** Tadi kan kakak sudah berkata, selendang dan pakaiannya di simpan baik-baik..sudah..ayo di tingal saja.. kalau tidak kita bisa dimarahi oleh ayah di khayangan.. kita sudah janji mau latihan menari untuk menyambut tamu khayangan..”

PD2 : “tapi putri.. nanti saya yang dimarahi oleh ayahanda..”

BN : “sudah nanti saya yang tanggung jawab apabila kamu diomeli.”

BU : “tapi sekarang aku jadi takut kembali ke khayangan.. aku takut ayah marah karena kita meninggalkan BH seorang diri..”

BJ : “sekarang kamu ingin menemani dia dan membiarkan kami semua dimarahi oleh ayah atau kembali bersama kami dan kita semua dimarahi bersama?”

BM : “ Charlie teja, ayo kembali ke khayangan..”

PD1+2 : “ baik putri..”

******para bidadari meninggalkan BH**

BH : “huhuhuhu !! *menangis tersedu-sedu* huhu dimana pakaian ku? “

******Jaka tarub datang*******

JT : “hai.. Kedengarannya engkau sedang sedih.. siapa disana?”

BH : “ siapa itu?? Siiiiiapa naaaaamamu?”

JT : “ tenang.. tidak usah takut sama saya. saya Jaka Tarub pendekar sini. kamu kenapa?”

BH : “pendekar ? pendekar itu apa? Semacam malaikat?”

JT : “ya, semacam itulah..nama kamu siapa?”

BH : “ nama aku Yujau.. Yupe Hijau..”

JT : “ kamu ngapain disini? Koq kamu sendirian saja?”

BH : “tadi aku bersama kakak-kakakku, tetapi kakakku pergi meninggalkan aku sendiri..”

JT : “kasihan sekali.. Ayo ikut saya ke rumah..tidak baik gadis cantik seperti kamu diam sendirian disini.. Nanti kamu di gangguin sama orang-orang jahat yang hanya ingin kemulusan tubuhmu.. * JT menggandeng BH *

********diperjalanan BH bingung dengan keadaan sekitar****

BH : ”JT.. disini indah ya..udara segar..banyak angin.. ini tempat tinggal mu sehari-hari?”

JT :”iya..mangnya tempat tinggal kamu tidak seperti ini? Kamu tinggal dimana sih kalau saya boleh tahu?”

BH : *******tidak menjawab hanya geleng-geleng kepala****

****sesampainya JT d rumah****

JT : “ayah !! ayah !! aku pulang membawa gadis cantik.. namanya Yujau.. perkenalkan..*JT menggandenga BH*“

BJT : “wow(o.O) kamu bawa gadis dari mana ini? Kamu sengaja ya supaya membuat bapak senang ! kamu jadi anak ya.. TIDAK TAHU DIRI !! Bapak itu maunya yang benar..!! tidak haram seperti ini!! Sana pergi dari rumah! Kembalilah setelah mendapatkan yang baik..!”

JT : “Bapak..bapak itu maunya apa sih? Ini gadis baik-baik. Perjalanan hidupnya memprihatinkan.. saya kasihan dengannya. Tidakkah bapak kasihan juga terhadapanya?”

BJT : “apa sih yang membuat perjalanan hidupnya memprihatinkan??coba ceritakan! Tadi siapa nama kamu?!”

BH : “ nama saya YUJAU

******BH menceritakan perjalanannya hingga bisa sampai di rumah JT..”

BJT : ”sekarang kamu tidak punya siapa-siapa disini?”

BH : “tidak..*kembali menangis*”

BJT : “ya sudah.. kamu jangan bersedih kembali.. sekarang bagaimana kalau saya menawarkan kamu untuk menikah dengan anak saya..? Setelah kamu menikah, kamu bisa tinggal dengan keluarga kami dan kamu tidak usah khawatir dengan orang-orang disekeliling kamu. Karena kami semua baik-baik.”

BH : “baiklah. Anda sangat baik dimata saya.. T.T”

*******pernikahan antara jaka tarub dengan yupe hijau pun berlangsung meriah******

BH : “sayang.. ayo sarapan.. aku uda buatin tempe ama tahu nih..”

JT : “ iya istriku.. aku gak menyangka ya, ternyata kita sekarang uda jadi suami istri.. aku sangat senang deh memiliki istri secantik dirimu..”

BH : “ ah kamu ngomongnya bisa aja deh.. aku malah beruntung memiliki suami seperti kamu.. kamu mau menerima aku apa adanya meskipun aku sedang dalam masa kesulitan.. kamu itu pangeran bagi aku.. makasi banget yaa.. aku tertolong banget berkat kamu..”

JT : “kamu jangan gitu ah ngomongnya.. aku jadi gak enak.. uda ya jangan ngomong kaya gitu lagi.. kita semua sama-sama untung kok.. ayo sekarang sarapan..”

BH : “iya.. ini nasi buat kamu.. di habiskan ya.. supaya sewaktu kamu bekerja, kamu memiliki energi yang cukup.”

JT : “makasi sayang..sayang.. aku pergi dulu ya.. “

**********dikhayangan*****

BM : “ adik-adik, kita turun ke bumi yu.. kasian BH.. dia pasti sendirian dibawah sana..”

BJ : “iya nih, aku uda kangen banget ama adik.. dia pasti sedang kesepian karena tidak ada kita..”

BN : “iya nih.. gimana kabarnya yaa??”

BU : “ kangeeeeeeeen!!”

BM : “ Charlie, teja ayo kita turun ke bawah menemui mereka.”

PD1 : “baik putri.. tapi ayah tidak mengijinkan putri untuk ke bumi lagi.. ayahanda takut akan kehilangan anaknya lagi..”

PD2 : “benar putri.. saya jadi takut juga mengawal kalian berempat kalau tidak diijinkan oleh ayahanda..”

BJ : “baik saya akan bertanggung jawab apabila ada dari kami yang tidak dapat kembali lagi.. ayu cepat sebelum ketahuan ayah kalau kita mau ke bumi lagi..”

PD1+2 : “baik putri..”

******sesampainya di bumi******

BN : “YUJAUUUUU..”

BU : “YUPE HIJAUUUUUU..”

BH : “ kakak-kakak??? Sepertinya saya mendengar suara mereka tidak jauh dari sini.. KAKAAAAAAAKK..”

BM : “eh, itu dia yujau..”

*******berpelukan kangen****

BJ : “gimana kabar mu dik?”

BH : “aku baik-baik saja disini.. eh kalian berdua, gimana kabarnya juga?”

PD1 : “kami baik-baik saja kok..”

PD2 : “tidak usah mengecewakan kami..”

BH : “baguslah kalau begitu..ayah gimana di khayangan?”

BN :”ayah marah besar ketika mengetahui bahwa kamu tidak kembali ke khayangan! Akhirnya ayah sekarang membetulkan semua keran di khayangan!! Air di khayangan lancaaaaaar semua!!”

BU : “tapi tetep aja segeran mandi di bumi.. aair disini belum ada yang bisa ngalahin deh.. T.O.P!”

BN : “ enak banget ya kamu bisa mandi setiap hari disini..”

BU : ”kakak tinggal dimana sekarang?

BH : “oh iya, aku lupa ngomong sama kalian, aku sudah punya suami. Aku sengaja nikah ama dia agar aku tidak sendirian di bumi ini.”

Bidadari : “aaaaaaaaaa kenalkan doonk..”

BH : “iya.. tapi dia lagi kerja..”

*******sepulangnya jaka tarub*****

JT : “ yujau.. saya pulang..”

BH : “ sayang.. perkenalkan.. ini teman-teman saya..”

*******perkenalan dimulai*****

BJ : “ ih ganteng banget ya suaminya..”

BN : “iya!! Kakak jago banget deh milih suami..”

BM : “wah gw ngrasa kesaingin nih ama pilihan lo!”

BH :”hahah bisa aj kalian semua..”

PD1 : “perkenalkan saya Charlie..”

PD2 : “saja Tedja..”

**********ngobrol-ngobrol*******

BM : “ dik.. kakak-kakak kembali dulu ya.. takut ayah marah..”

BH : “iya..makasi ya..”

*******peluk kangen******

JT : “ sayang, saya lapar nih..”

BH : “ iya.. makanannya sudah mau matang kok. Kamu jangan masuk ke dapur ya.. kamu diam disitu saja..pokoknya jangan pernah kamu masuk ke dapur..”

JT : “iya.. aku disini aja koq dari tadi..”

****9 bulan kemudian*****

BH : “ sayang.. gak kerasa ya uda 9 bulan.. aku uda mules banget nih.. kayanya sebentar lagi mau keluar.. gimana kalau kita ke bidan aja sekarang?”

JT : “ oke deh kalo emang itu yang kamu rasakan”

Delta : “*nangis-nangis gak jelas..*

JT : “selamat ya sayang.. kamu emang ibu yang baik.. kamu merawat kandungan mu dengan baik sampai akhirnya lahir lah anak kita.”

BH : “iya kamu juga bapak yang baik.”

***** 3 tahun berlalu*********

BH : “wah, gak kerasa ya 5 tahun sudah berlalu.. anak kita sudah besar..”

JT : “iya nih. Sudah bersekolah..”

Delta : “bunda..bunda..bundaa.. aku boleh main terlebih dahulu tidak setelah pulang sekolah?”

BH : “ jangan sayang.. ntar siang kakekmu mau datang..”

Delta : “sebentar doank bunda.. boleh yaa??”

BH : “tidak nak.. abis pulang sekolah langsung pulang ya..”

Delta : “yaaa bunda.. iya deh.. tapi uang jajan dulu donk..wkwkwkw..”

JT : “eh anak bapak bisanya minta uang ya..”

Delta : “ntar kan delta bisa laper kalo kaga makan di sekolah pa..”

JT : “iya-iya.. yauda BH kasih uang jajan tuh..”

Delta : “makasi ya pa.. Delta pergi dulu..”

JT : “sayang.. aku pergi kerja dulu ya..”

BH : “ hati-hati ya sayang..”

****siang******

Delta : “ bunda.. aku sudah pulang nih.. kakek uda datang belom?”

BH : “udah nak, itu di ruang tengah..”

Delta : “kakek.. kakek.. apa kabar?”

BJT : “cucuku.. sini.. kakek baik-baik saja kok.. kamu baru pulang ya? Gimana tadi di sekolah? Pelajarannya gampang atau susah?”

Delta : “pelajarannya gampang kok kek. Aku bisa nyelesain semua! Kakek-kakek.. cerita donk! Cerita.. uda lama nih gak denger kakek cerita.. cerita.. cerita..”

BJT : “aduh cerita apa nak? Keseharian kakek aja ya..”

Delta : “iya..iya..”

********* mereka ngobrol-ngobrol tidak kerasa sudah malam******

BH : “delta.. udah cerita-ceritanya.. kasian kakek kamu capek..”

Delta : “yah bunda.. padahal aku masih mau denger cerita kakek..”

BJT : “ya uda besok lagi..”

Delta : “iya deh.. bunda.. ayah belom pulang?”

BH : “belom.. paling bentar lagi.. yauda kamu tidur dulu aja..”

Delta : “iya bunda..”

JT : “sayang..aku pulang..aku lapar nih..

BH : “iya itu makanan buat kamu sudah siap..”

JT : “ makasi ya sayang..makanannya enak.. aku capek nih, aku mau langsung tidur aja ya..”

BH : “iya sayang..aku juga mau tidur..”

JT : “hoaaaam..gak kerasa uda pagi lagi aja..”

BH : “ eh, sayang uda bangun.. sayang, aku mau beli sayur dulu ya..kamu tolong jagain panci air saya donk. Saya lagi memasak. Tapi jangan kau sentuh lumbung padi kita ya..”

JT : “ iya sayang..”

***beberapa menit kemudian***

JT : “ saya bingung deh, BH selalu tidak mengijinkan saya untuk membuka lumbung padi. Lama kelamaan saya menjadi penasaran. Saya ingin buka!”

Delta : “ayah! Bunda kan paling melarang membuka lumbung padi..”

JT : “kamu! Kamu diam saja ya..”

Delta : “*manggut-manggut*

****sepulangnya BH*****

BH : “saya pulang, *membuka lumbung padi* JAKA TARUB!! Apa yang kamu perbuat?? Berani-beraninya kamu membuka lumbung padi! Sudah berapa kali saya katakana, jangan dibuka!”

JT : “ maafkan aku sayang.. aku sangat penasaran.. lalu, kenapa kamu hanya meletakan satu butir beras di lumbung padi kita?”

BH : “huuh! Tidak usah kau tanyakan lah hal seperti itu.. aku kesal!”

****beberapa hari telah lewat***

BH : “huuh ini semua perbuatan jaka tarub! Gara-gara dia, persedian padi di lumbung semakin menipis.. aku harus memasak nasi layaknya orang biasa.. eh? Apa ini?? Kenapa ini ada disini? Bukankah ini kainku yang hilang beberapa tahun yang lalu? Kenapa bisa ada disini? Ternyata jaka tarub yang mencurinya!! JAKA TARUB!

Delta : “bunda kenapa??”

BH : “delta! Mana ayah kamu?”

Delta : “disana..”

BH : “JT.. aku murka sama kamu! Ternyata kamu yang menyembunyikan kain dan pakaian ku.. kamu jahat!! Sekarang aku telah mendapatkan yang hilang itu.. aku ingin kembali ke khayangan sekarang.. tolong kau rawat anak kita.. selamat tinggal..

JT : “ yujau.. jangan pergi.. aku membutuhkan mu..”

BH : “maaf tarub.. aku gak bisa.. selamat tinggal..”

Delta : “ayah.. bunda mau kemana?”

JT : “bunda sudah pergi nak.. sekarang kita hanya tinggal berdua..”

Delta : *nangis gak jelas*

----------------- Selesai ----------------

No comments:

Post a Comment