Blogger Layouts

Friday, May 6, 2011

3 Idiots

Topik: Masa Dewasa Muda

Judul Film: 3 Idiots (Film Asia)

Resensi Film:

Film ini bercerita tentang persahabatan tiga mahasiswa teknik yang bernama Rancho, Farhan dan Raju. Sepuluh tahun setelah mereka bertiga lulus, Farhan dan Raju bersama-sama mencari Rancho yang setelah lulus menghilang. Dalam pencarian itu diceritakan secara flash back mengenai masa-masa saat mereka bertiga masih duduk di bangku kuliah.

Ketika mereka masih kuliah, Rancho menyadarkan kedua sahabatnya bahwa masa depan mereka tidak benar-benar tertulis dalam buku-buku teknik. Hal yang lebih penting justru mengikuti kata hati dan mengejar mimpi. Akan tetapi, rektor kampus mereka adalah orang yang ortodoks, kolot, keras kepala, dan tak punya belas kasihan. Rektor tersebut tidak memiliki pola pikir yang sama seperti tiga sekawan itu. Rektor mereka yang bernama Viru tidak menyukai ketiga mahasiswa tersebut. Alhasil, ia jadi musuh bersama. Viru merupakan rektor yang kejam. Banyak mahasiswa yang stres dan bunuh diri karena tekanan darinya. Viru juga dijuluki virus, karena terkenal killer. Hampir semua mahasiswa takut tidak lulus apabila terlibat masalah dengannya. Ada seorang mahasiswa bernama Rancho yang bertindak sebaliknya. Ia berani melawan sistem pengajaran yang ditetapkan Virus.

Virus mempunyai tiga orang anak. Anaknya yang laki-laki telah meninggal akibat bunuh diri karena merasa tertekan akibat sikap kolot dan keras kepala Virus yang tidak mau mendengarkan keinginan orang lain. Virus juga mempunyai dua anak perempuan, Pia dan Mona. Rancho menyukai Pia. Sebelumnya Pia akan menikah dengan seorang laki-laki yang selalu menyebut harga barang yang dimiliki. Namun Rancho menyadarkan Pia untuk mengikuti kata hatinya. Rancho juga membantu Mona saat akan melahirkan. Bantuan Rancho mendapat simpati dari Virus.

Di kampus mereka terdapat seorang mahasiswa yang selalu ingin menjadi nomor satu di kampus. Mahasiswa itu bernama Chatur. Chatur sangat menyebalkan dan selalu berusaha menjelek-jelekkan Rancho, Farhan, dan Raju. Suatu hari Chatur dipermalukan Rancho di depan Virus dan teman-teman sekampusnya. Alhasil, Chatur menantang tak cuma Rancho tapi juga Farhan dan Raju bahwa sepuluh tahun ke depan, ia akan lebih sukses dibanding mereka.

Rancho sebagai tokoh sentral di film ini membuktikan bahwa mahasiswa bandel bukan berarti tidak pintar. Ia yang sempat menjadi kemarahan rektor berhasil menjadi mahasiswa terbaik saat lulus. Setelah lulus, Rancho menghilang.

Sepuluh tahun kemudian, Chatur memang lebih sukses dari Raju dan Farhan. Hanya saja tidak ada yang mengetahui nasib Rancho. Chatur, Raju dan Farhan pun mencari keberadaan Rancho yang dianggap sebagai mahasiswa luar biasa di kampus.

Dalam pencarian Rancho tersebut, Farhan, Raju, Pia dan juga Chatur menemukan begitu banyak hal yang tidak mereka ketahui sebelumnya tentang Rancho yaitu tentang siapa Rancho sebenarnya, darimana asal usul Rancho dan kenapa Rancho menghilang segera setelah wisuda kelulusan. Semua terjawab sudah ketika mereka akhirnya menemukan Rancho. Mereka mendapati bahwa Rancho yang selama ini mereka kenal adalah seorang joki untuk mendapatkan ijazah bagi seorang yang bernama Ranchoddas. Rancho sebenarnya hanya anak seorang sopir yang meninggal saat masih bekerja pada ayah Ranchoddas. Saat mereka bertemu Rancho, Rancho telah menjadi seorang ilmuwan terkenal dan juga mengajar anak-anak kecil. Pada akhirnya ketiga sahabat itu berkumpul kembali.

PEMBAHASAN

Dalam film ini terdapat beberapa ciri-ciri dari early adulthood. Kami bisa melihat ini pada masa early adulthood karena film ini merupakan cerita mengenai masa perkuliahan dimana memiliki rentang usia 18-25 tahun. Pembahasan mengenai kehidupan sosial dewasa muda pada cerita tersebut mencakup 3 aspek, yaitu hubungan dengan peer, hubungan dengan keluarga, dan hubungan dengan orang-orang di lingkungan universitas. Dalam hubungannya dengan peer, terdapat suatu hubungan intimacy di antara mereka. Intimacy ini bisa terbentuk karena adanya consensual validation. Consensual Validation adalah suatu keadaan ketika tingkah laku dan nilai yang dimiliki oleh Rancho mirip dengan yang dimiliki oleh kedua temannya. Mereka sama-sama tidak suka dengan Viru dan Silencer. Selain itu, mereka sama-sama berani untuk melawan peraturan yang dibuat oleh Viru karena mereka tidak suka dikekang. Keadaan ini didukung terutama karena adanya tokoh Rancho yang mendukung sikap mereka. Dengan saling mendukung satu sama lain, maka intimacy mereka semakin tinggi.

Perkembangan religius dan spiritual lebih dianggap penting oleh mereka yang memasuki tahap dewasa muda. Menurut Santrock (2009), pada masa remaja, kebanyakan dari mereka mengalami penurunan minat dalam menghadiri acara-acara religius. Akan tetapi, pada dewasa muda, minat tersebut kembali meningkat. Hal ini dikarenakan mereka telah mendapatkan identitas diri dan mempunyai tujuan yang jelas dalam kehidupan religius dan spiritualnya. Begitupun dalam film ini, dapat kita lihat bahwa pada beberapa adegan terlihat mereka berdoa dan memuliakan agamanya. Hal ini wajar terjadi karena tokoh-tokoh di dalam film ini sudah memasuki perkembangan dewasa muda yang menganggap bahwa kereligiusan itu penting.

Berdasarkan teori Erikson mengenai intimacy vs isolation, seseorang dapat memiliki kedekatan khusus dengan orang lain ketika ia telah berkembang menjadi stabil dan berhasil menemukan identitas diri. Namun, ketika orang tersebut gagal melewati tahap tersebut, maka ia akan terisolasi dari lingkungan sekitarnya. Intimacy memiliki keterkaitan dengan bagaimana seseorang dapat menjalin hubungan dengan orang lain. Masalah cinta dan intimacy yang ditunjukkan melalui film ini dapat terlihat ketika Rancho(Chotte) mulai tertarik dengan Pia. Ketertarikan Rancho memperlihatkan bahwa ia menemukan seseorang yang dapat ia percaya. Menurut Santrock (2009), pada dewasa muda, seseorang akan lebih menghindari kedekatan hubungan yang romantis, tidak seperti pada remaja. Hal ini juga terlihat di dalam film yang memperlihatkan hubungan yang tidak romantis antara kedua pasangan Chotte dengan Pia.

Pada dewasa muda, perkembangan kepribadian yang terlihat dari film ini, yang sesuai dengan Life-Span Development, terdapat beberapa perubahan sebagai berikut; Identitiy exploration, especially in love and work, self-focused, dan being planful, taking responsibility for oneself. Contohnya yaitu ketika ayah dari Raju harus dibawa ke rumah sakit secepatnya. Ketika Rancho(Chotte) menerima telepon dari rumah Raju, ia langsung mendatangi rumah Raju. Seketika itu juga ia langsung memikirkan bagaimana cara membawa ayah Raju ke rumah sakit secepat mungkin. Dapat dikatakan hal tersebut mewakili taking responsibility for oneself. Saat Rancho(Chotte) menggunakan self-focused untuk melihat terdapat barang yang bisa digunakan, ia langsung membawa ayah dari Raju ke rumah sakit. Raju tiba beberapa saat setelah ayahnya sampai di rumah sakit. Ia sangat kesal kepada Rancho(Chotte) karena membawa ayahnya ke rumah sakit karena masalah keuangan. Saat Raju sedang marah, dia mendengar dokter berkata kepada Pia (mahasiswi kedokteran) bahwa apabila ayah Raju lebih lama sampai di rumah sakit dapat mempengaruhi nyawanya. Raju, Rancho, dan Farhan langsung berpelukan karena merasa lega. akhirnya mereka bertiga pun kembali kompak lagi.

Perkembangan kepribadian menurut Costa dan McCrae, Ada enam elemen yang tidak dapat terpisahkan dalam proses perkembangan kepribadian: basic tendencies, external influences, characteristic adaptation, self-concept, objective biography, dan dynamic processes. Basic tendencies atau kecenderungan-kecenderungan dasar tidak hanya meliputi tingkah laku, tetapi juga kesehatan fisik, penampilan, gender, orientasi seksual, inteligensi, dan bakat seni. Kecenderungan-kecenderungan dasar ini, yang mungkin saja diwarisi atau diperoleh, kemudian berinteraksi dengan external influences atau pengaruh-pengaruh lingkungan dan menghasilkan characteristic adaptations yaitu peran-peran dalam kehidupan sosial, sikap, minat, keahlian, aktivitas, kebiasaan, dan kepercayaan. Hal-hal ini didapatkan dengan menyesuaikan antara basic tendencies dengan external influences. Basic Tendencies yang berinteraksi dengan characteristic adaptation kemudian membentuk sebuah self-concept, yang hanya memiliki sebagian kemiripan dengan objective biography, sebuah event sebenarnya dari hidup seseorang. Dynamic processes menghubungkan kelima elemen di atas, salah satu prosesnya adalah belajar, yang memungkinkan orang untuk menyesuaikan dirinya dengan pengaruh-pengaruh lingkungannya.

No comments:

Post a Comment