Blogger Layouts

Monday, February 14, 2011

Wawasan nusantara sebagai wawasan kebangsaan Indonesia

Wawasan Kebangsaan Indonesia ialah Pengetahuan, Penilaian, Pandangan tentang Hal Ihwal Bangsa bernama Indonesia secara Prinsif.

ψ Sebab wawasan nusantara dijadikan sebagai wawasan kebangsaan Indonesia:
Sesuai cita-cita Patih Gajah Mada dalam sumpah palapa yang berbunyi

“Saya tidak akan pernah makan buah Palapa sebelum saya dapat menyatukan Nusantara dalam Kerajaan Majapahit“.

Dari semboyan tersebut di atas, memiliki makna dan tekad dari seorang Patih Gajah Mada, yang akan sekuat tenaga mempersatukan wilayah Nusantara. Dari Sumpah Palapa tersebut maka ada satu kesamaan yang dapat menjadi pelajaran bagi bangsa Indonesia yaitu wujud Nusantara yang terdiri dari 17.508 buah pulau yang terletak pada posisi geografis antar dua benua dan dua samudera, sesuai dengan kondisi geografis tersebut maka Kepulauan Indonesia disebut juga dengan istilah Kenusaan dan juga disebut dengan nama Nusantara. Hal tersebut kemudian dikenal dengan istilah Wawasan Nusantara sebagai Wawasan Kebangsaan Indonesia, dan sebutan tersebut tidak cukup hanya dipahami saja tetapi harus dihayati baik sebagai konsep kewilayahan maupun konsep ketatanegaraan.

ψ Akibatnya apabila wawasan nusantara sebagai wawasan kebangsaan Indonesia:
Masyarakat Indonesia jadi mengetahui dan memahami tentang kekuasaan nusantara yang dimiliki oleh bangsanya sesuai dengan pancasila.

ψ Manfaat wawasan nusantara sebagai wawasan kebangsaan Indonesia:
Menambah wawasan bangsa Indonesia
Sebagai wawasan kebangsaan Indonesia dan menjadi nilai dasar Ketahanan Nasional Indonesia.

ψ Contoh wawasan nusantara sebagai wawasan kebangsaan Indonesia:
Misalnya wawasan nusantara Indonesia itu terletak dari sabang sampai merauke, wawasan tersebut dapat menjadi wawasan kebangsaan Indonesia dan bermanfaat untuk menambah wawasan bangsa Indonesia bahwa nusantara Indonesia terletak dari sabang sampai merauke.

No comments:

Post a Comment