Blogger Layouts

Monday, February 14, 2011

Kegunaan dan manfaat dari filsafat, khusus untuk ilmu psikologi

Manfaat dari studi filsafat yaitu untuk membuka cara dan wawasan berfikir, dan membiasakan seseorang agar tidak berhenti pada lapisan permukaan kehidupan saja, melainkan dapat masuk ke tataran hidup yang lebih mendalam.
Di dalam ilmu psikologi, kita diajarkan untuk berpikir kritis karena berfikir kritis memiliki peranan penting di dalam ilmu psikologi. Pemikir yang kritis itu ialah pemikir yang tidak langsung menerima suatu pemikiran atau informasi begitu saja. Pemikir itu akan meneliti terlebih dahulu pemikiran yang datang ke mereka. Mereka akan memilah milah dan mencari sumber yang dapat terpercaya apakah kebenaran dari suatu informasi itu terbukti kebenarannya atau tidak.
Filsafat juga berperan sangat penting sebagai alat refleksi dan analisis kritis terhadap slogan-slogan ideologis, system dan struktur, kebiasaan dan tradisi, serta praktek – praktek dalam masyarakat.

Melihat peranan dan manfaat dari filsafat, serta mengetahui betapa pentingnya sikap kritis di dalam psikologi, maka kita dapat menyimpulkan bahwa filsafat sangat berguna di dalam ilmu psikologi untuk membantu berfikir lebih kritis dalam menyelesaikan dan menanggapi masalah-masalah yang timbul.

No comments:

Post a Comment