Blogger Layouts

Monday, February 14, 2011

Menghubungkan antara konsep bangsa dengan Negara bangsa

Bangsa adalah suatu kelompok manusia yang dianggap memiliki identitas bersama, dan mempunyai kesamaan bahasa, agama, ideologi, budaya, dan/atau sejarah. Mereka umumnya dianggap memiliki asal-usul keturunan yang sama.

Negara bangsa adalah suatu gagasan tentang negara yang didirikan untuk seluruh bangsa. Dengan kata lain negara bangsa adalah negara untuk seluruh umat yang didirikan berdasarkan kesepakatan bersama yang menghasilkan hubungan kontraktual dan transaksional terbuka antara pihak-pihak yang mengadakan kesepakatan itu. Istilah negara bangsa menandakan bahwa keduanya adalah sama, dan ini membedakannya dengan bentuk kenegaraan yang lain, yang telah ada sebelumnya. Pengertian negara bangsa ini menandakan bahwa rakyatnya bersatu untuk satu bahasa, budaya, dan nilai. Tujuan Negara bangsa ialah mewujudkan maslahat umum, suatu konsep tentang kebaikan yang meliputi seluruh warga negara tanpa kecuali.

Hubungan antara bangsa dengan Negara bangsa adalah saling melengkapi. Melihat dari definisi diatas, dapat dikatakan bahwa Negara bangsa ada karena adanya bangsa itu sendiri. Apabila tujuan Negara bangsa ingin terwujud, musti ada bangsa-bangsa yang menjalaninya. Sedangkan apabila ada bangsa, untuk menjadikan suatu Negara dapat bermanfaat, diperlukan Negara bangsa. Oleh karena itu, keduanya saling berhubungan.

No comments:

Post a Comment